Tahu Busuk( 臭豆腐 Chou Doufu), Sajian Sedap Berbau Menyengat

Ditulis oleh: Administrator, 07-06-2021

         Apabila mendengar kata Tahu, pasti sudah tidak asing di telinga dan di lidah orang indonesia. Tahu merupakan salah satu penganan yang digemari oleh masyarakat Indonesia, selain rasanya yang nikmat tahu juga sangat ramah di kantong membuat tahu menjadi penganan yang dapat dijangkau berbagai golongan masyarakat. Tahu juga memiliki nilai protein yang tinggi yang baik untuk tubuh kita. Namun bagaimana dengan tahu busuk ? Mendengarnya saja yang terbayang dibenak kita pertama kali pastinya bau yang tidak sedap. Namun siapa sangka penganan tahu busuk merupakan salah satu penganan yang sangat digemari di negeri tirai bambu.

         Tahu busuk  atau dalam bahasa mandatin yaitu 臭豆腐 chou doufu adalah salah satu penganan tradisional Tionghoa. Tahu busuk adalah sejenis tahu yang difermentasikan lebih lanjut sehingga menjadi berbau tidak enak. Penyajiannya bermacam-macam, dapat digoreng, dikukus, direbus atau dipanggang. Yang unik, setelah digoreng, direbus, dikukus atau dipanggang, tahu ini tidak berbau busuk lagi dan dapat menjadi sebuah penganan yang sangat lezat.

         Tahu busuk berawal dari seorang pemuda bernama Wang Zhihe yang berasal dari Huang Shah di Provinsi Anhui jadi orang pertama yang menemukan tahu busuk dimasa Dinasti Qing. Ketika itu Wang gagal mengikuti ujian kekaisaran dan tinggal di Beijing dengan berjualan tahu. Suatu hari, tahu yang dijual Wang tidak habis dan ia menyimpannya di dalam wadah tanah liat. Setelah beberapa hari, sisa tahu dalam wadah ini berubah menjadi kehijauan dan mengeluarkan aroma busuk. Alih-alih membuangnya, Wang justru mencicip dan ia terkejut dengan rasanya yang lezat. Akhirnya ia pun mulai menjual tahu busuk ini di tokonya. Alhasil tahu yang resepnya ditemukan secara tidak sengaja ini justru laris manis. Bahkan tahu sampai disajikan secara spesial di Istana Dinasti Qing.

         Hingga kini tidak sulit bagi kita menemukan hidangan tahu busuk, banyak rumah makan yang menyajikan hidangan tahu busuk, tahu busuk juga dapat kita temui  dipinggir jalan. apabila sedang berkunjung ke Tiongkok jangan lupa mencicipi hidangan yang satu ini.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber Artikel    : https://baike.baidu.com/item

Sumber Gambar : https://nusadaily.com/food/mengenal-chou-doufu-camilan-tahu-busuk-dari-taiwan.html