Dessert Kue Bunga Khas Yunnan (鲜花饼/xiān huā bǐng)

Ditulis oleh: Administrator, 09-08-2021

         Seperti tipikal desert di Yunnan pada umumnya, kue bunga memliiki tekstur kue kering dengan isian bunga mawar yang dapat dimakan. Setiap bulan April, orang-orang akan membuat antrian untuk kue bunga yang masih hangat dan segar. Berdasarkan catatan sejarah, kue bunga diciptakan lebih dari 300 tahun yang lalu oleh pembuat kue pada masa Dinasti Qin (1644-1911), dan menjadi favorit kaisar Qianlong.

         Kue ini menjadi sangat populer dengan rasa bunganya yang manis yang pas dan memiliki efek yang baik untuk kulit. Kue ini dapat disimpan mulai dari 7 sampai 45 hari tergantung bahannya. Pembuatan kue ini dimulai dengan membuat isiannya yang terdiri dari kelopak bunga mawar yang ditumbuk menjadi halus, kemudian ditambahkan gula dan madu. Gula berfungsi untuk mengurangi rasa pahit yang dihasilkan mawar. Untuk pastry nya dibuat dengan menggunakan metode tradisional.

         Kue mawar dibuat menggunakan Rosa Rugosa, spesies mawar asli Asia Timur. Rosa Rugosa kualitas terbaik ditanam di daerah Yunnan, yang memiliki cuaca yang sejuk seperti musim semi sepanjang tahun. Selain keindahannya dan aromanya yang menyenangkan, Mawar Rosa Rugosa memiliki kandungan untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengatur aliran Qi, menenagkan hati dan detoksifikasi yang baik untuk hati, limpa dan perut.

         Namun terlepas dari manfaatnya bagi kesehatan, mawar merupakan bahan pembuat kue yang langka dan lezat. Selain sebagai kue mawar ini biasa dibuat sebagai penganan lain, seperti selai mawar, hotpot mawar, permen mawar dan mawar goreng.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

http://discover.china.org.cn/food-drink/taste-of-yunnan-delicious-roses/

https://www.visityunnanchina.com/experiences/shopping-handicrafts/flower-cake

Sumber gambar:

https://cp1.douguo.com/upload/caiku/b/9/6/yuan_b9c71aaa6dee79503e935908fbd2f8a6.jpg