Pingyao: Kota Kuno Pusat Finansial Tiongkok di Abad ke-19

Ditulis oleh: Administrator, 16-08-2021

         Pingyao merupakan kota bersejarah yang mencakup jalur kuno, toko-toko, tempat tinggal, dan kuil, semuanya dikelilingi salah satu tembok kota yang paling terpelihara di Tiongkok. Kota ini didirikan pada abad ke-14 yang memiliki area seluas lebih dari dua kilometer persegi. Kota kuno ini juga tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997.

pingyao-2

         Tata letak kota ini mencerminkan dengan sempurna perkembangan gaya arsitektur dan perencanaan kota-kota Dinasti Han selama lebih dari 5 abad. Khususnya, dari abad ke-19 hinggal awal abad ke-20, Kota Pingyao adalah pusat keuangan untuk seluruh Tiongkok. Hampir sejumlah 4.000 toko dan tempat tinggal tradisional yang ada di kota yang bentuknya megah dan ornamennya indah menjadi saksi kemakmuran ekonomi Pingyao selama lebih dari satu abad. Dengan lebih dari 2.000 patung lukis yang dibuat pada dinasti Ming dan Qing, terdapat Kuil Shuanglin yang telah terkenal sebagai galeri seni oriental dari pahatan lukis. Terdapat pula Kuil Wanfo, kuil utama dari Kuil Zhenguo, yang berasal dari Lima Dinasti, adalah salah satu bangunan struktur kayu paling awal dan paling berharga di Tiongkok.

         Masih ada penduduk lokal yang tinggal di kota kuno ini serta masih ada sejumlah penginapan tempat para wisatawan bisa bermalam. Jika berwisata ke kota ini, memang sangat direkomendasikan bagi para pengunjung untuk bermalam, agar pada saat pagi hari pengunjung dapat menjelajahi kota saat jalanan sedikit lebih tenang dan melihat penduduk setempat menjalahi kehidupan sehari-hari mereka.

         Untuk memasuki kota kuno ini gratis, namun pengunjung tetap harus membeli tiket terusan untuk mengunjungi banyak bangunan bersejarah. Tiket tersebut berlaku selama tiga hari, namun pengunjung hanya dapat mengunjungi setiap tempat satu kali saja. Lalu, bagaimana cara untuk menuju ke kota kuno ini? Kota Kuno Pingyao berjarak sekitar 9 km dari stasiun kereta Pingyao. Hotel-hotel di kota kuno biasanya menawarkan layanan penjemputan dan pengantaran gratis bagi tamu yang memesan kamar dari hotel-hotel tersebut.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

http://whc.unesco.org/pg.cfm?cid=31&id_site=812

https://www.thechinaguide.com/sight/pingyao-ancient-city

Sumber gambar:

https://p1-tt.byteimg.com/origin/pgc-image/8e9e1761575b4c6a9fd8af84b37fbaa9?from=pc

http://5b0988e595225.cdn.sohucs.com/images/20190507/6530098e4fa24246b47ff0994b6c73b9.jpeg