Ayam Pengemis (叫化鸡) Jiaohuaji Sajian Unik dari Seorang Pengemis

Ditulis oleh: Administrator, 30-08-2021

            Ayam pengemis adalah masakan China yang terdiri dari ayam utuh yang diisi dengan berbagai macam tanaman herbal dan di bungkus dengan lumpur dan daun lotus, kemudian dipanggang secara perlahan di api yang kecil. Persiapan masakan ini memerlukan waktu kurang lebih selama 6 jam.

            Penamaan ayam ini tentu bukan tanpa alasan. Sesuai dengan namanya, masakan ini memang diciptakan oleh seorang pengemis. Dulu ada sorang pengemis yang berniat mencuri ayam penduduk di kota Hanzhou. Kemudian pengemis itu berusaha untuk memasaknya, tapi dia tidak memiliki kuali. Tapi karena takut ketahuan penduduk sekitar, pengemis itu membungkus ayam dengan daun teratai  lalu melumurinya dengan lumpur dan kemudian dibakar.

            Dan ternyata rasa masakannya tersebut sangat lezat dan harumnya tercium sampai kemana-mana. Seorang pemilik restoran tidak sengaja lewat dan mencium bau masakan tersebut, ia meminta pengemis tersebut untuk menjadi koki di restorannya dan menjadi ramai.

            Terdapat sebuah versi lagi terkait asal-usul makanan ini, yaitu suatu hari ada seorang pengemis yang mencuri ayam dari istana dan memasak dengan cara membungkusnya dengan daun Teratai dan melumurinya dengan lumpur lalu menguburnya, dengan tujuan tidak mengeluarkan asap dan menimpulkan kecurigaan penjaga. Karena baunya yang wangi dan enak rasanya akhirnya sang pengemis dan kaisar makan bersama dan memasukkan menu ini kedalam menu istana. Kemudian pengemis itu membuka restoran dan menjualnya kepada penduduk lokal.

            Legenda lain juga mengatakan bahwa makanan ini adalah makanan favorit dari kaisar Gaozu dari dinasti Han yang lahir dari seorang budak. Ketika menjadi seorang kaisar , resepnya menjadi makanan wajib di istana.

            Bagaimanapun asal-usulnya makanan ini merupakan  makanan yang sangat lezat dengan sedikit atraksi menarik dalam penyajiaanya. Biasanya di restoran-restoran yang menyajikan masakan ini. Koki atau pelayan akan datang menyajikan dalam bentuk ayam yang masih berada di dalam sebuah kubah yang berasal dari tanahliat yang mengeras, kemudian di depan pelanggan mereka memecahkan tanah liat itu atau pelanggan sendiri yang memecahkannya untuk melihat isinya yang berupa ayam pengemis ini.

            Hanzhou adalah kota asal dari masakan ini, apabila kalian ingin memakan ayam pengemis yang otentik kami rekomendasikan untuk berkunjung ke sana.

 

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber Artikel :

- https://www.idntimes.com/food/recipe/hasanah-lubis/resep-praktis-ayam-pengemis-c1c2/full

- https://en.wikipedia.org/wiki/Beggar%27s_chicken

Sumber Gambar : https://www.superindo.co.id/artikel/info-resep/ayam-pengemis-beggars-chicken