Tongli Water Town, Salah Satu Kota Air Terindah di Tiongkok

Ditulis oleh: Administrator, 06-09-2021

          Tongli Water Town di Suzhou adalah salah satu dari enam kota kuno teratas di wilayah selatan Sungai Yangtze di Tiongkok, yang dikenal dunia sebagai “Oriental Venice” dengan sejarahnya yang berusia lebih dari 1000 tahun. Sementara banyak kota air di sekitar Shanghai telah dikomersialkan, Tongli mempertahankan pesona desanya. Kota ini adalah kota kecil yang meskipun menerima banyak turis, suasananya yang kuno dan otentik tidak terganggu.

          Kota Tongli didirikan pada Dinasti Song lebih dari 10 abad yang lalu dan pertama kali diberi nama Fu Tu (富土) yang memiliki arti ‘tanah subur’. Namun, nama tersebut kemudian diubah menjadi Tongli (同里). Menurut sejarah, Tongli adalah tempat yang dijadikan kunci utama di wilayah Wu kuno, dakn karena hanya bisa berkomunikasi dengan dunia luar dengan perahu, hanya sedikit perang atau pergolakan yang terjadi pada saat itu.

          Tongli Water Town adalah rumah bagi taman-taman klasik, kanal pedesaan yang dipenuhi perahu dayung tradisional dan jembatan kuno, dan masih banyak pula bangunan bersejarah yang dilestarikan. Salah satu tempat wisata yang paling terkenal adalah Tuisi Garden, juga dikenal sebagai “Retreat and Reflection Garden” (taman refleksi), yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2001. Seperti Namanya, taman yang elegan ini adalah tempat yang indah untuk berjalan-jalan sambil menikmati beberapa arsitektur tradisional.

Tongli-3

          Selain itu, terdapat pula Gengle Hall yang merupakan bangunan super kuno di kota ini dan dibangun pada Dinasti Ming dengan struktur tradisional tempat tinggal di bagian depan dan taman di bagian belakang. Di Kawasan perumahan, banyak sekali karya ukir akar berbagai bentuk yang dipamerkan di dalam rumah, seperti ukiran burung elang, singa, dan macam-macam figur lainnya. Saat pengunjung sampai di bagian taman air, pengunjung dapat menikmati jernihnya kolam dengan ikan-ikan berwarna merah di dalamnya, jembatan batu antic berkelok-kelok di atas air, rumah-rumah tua, dan langit biru yang cantik.

          Untuk dapat ke kota ini, Tongli Water Town terletak sekitar 18 km di luar daerah Suzhou, sekitar 80 km dari Shanghai. Dari Suzhou, pengunjung dapat naik mobil atau bis yang membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 45 menit.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.thechinaguide.com/sight/tongli-water-town

https://www.chinadiscovery.com/jiangsu/suzhou/tongli.html

Sumber gambar:

https://p9.itc.cn/images01/20210720/0bed30db98084226b1cb115144da3630.jpeg

https://mapio.net/images-p/23695656.jpg