Museum Sejarah Shaanxi

Ditulis oleh: Administrator, 13-09-2021

          Terletak di bagian selatan kota Xi`an, museum Shaanxi merupakan tribute dari kekaisaran Shaanxi yang megah. Bangunan museum di desain dengan style Tang Dynasty (618-907). Shaanxi adalah provinsi penting di kekaisaran Tiongkok kuno. Xi`an menjadi ibukota kekaisaran Tiongkok selama 13 Dinasti selama 1100 tahun dari 220 SM dan 904 Masehi.

          Xi`an adalah tempat yang penting dalam sejarah tiongkok, diberkahi dengan situs dan peninggalan sejarah. Semau peninggalan yang tersebar di seluruh wilayah dapat anda temukan di Museum Provinsi Shaanxi.

          Bagian utama museum ini terdiri dari 3 bagian, yait Aula Pameran Umum, Aula Pameran Tema Lokal dan Aula Pemeran Sementara.

1. Aula Pameran Umum

          Aula ini mencangkup 6000 meter persegi dan menampilkan lebih dari 2000 artefak. Aula ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu Aula Masuk, Raung Pameran Sejarah Lokal Shaanxi, dan Ruang Utama.

          Ruang Pameran Sejarah Lokal Shaanxi diatur menjadi tujuh bagian kecil untuk memisahkan peninggalan dari periode Prasejarah, Zhou, Qin, Han, Wei, Jin dan Dinasti Utara dan Selatan, Dinasti Sui, Dinasti Tang, dan Song, Yuan, Dinasti Ming dan Qing dengan fokus pada perkembangan sosial dari Zaman Batu hingga kemunduran kekaisaran Tiongkok pada tahun 1840.

2. Aula Pameran Lokal

          Banyak barang bertema yang mencerminkan karakteristik lokal Shaanxi, termasuk Pameran Jalur Sutera dan Porselen Yaozhou. Termasuk tempat pembakaran keramik yang dulunya sepanjang lima kilometer di tempat yang disebut Tongcuan.

3. Aula Pameran Sementara

          Aula ini terutama digunakan untuk pameran temporer dari dalam dan luar negeri. Pameran paling mengesankan di sini adalah mural dan makam Dinasti Tang. Mural-mural itu sangat berharga untuk eksplorasi kehidupan social Dinasti Tang dan budaya besarnya.

4. Aula Mural Makam Dinasti Tang

          Aula ini berada di bawah area pameran timur Museum Sejarah Shaanxi, seluas 3800 meter persegi (40.903 persegi). Ratusan mural makam ini sebagian besar bertema adegan bermain polo dan berburu, adegan upacara, pavilion, utusan dan pelayanan kehormatan di Dinasti Tang (618-907 M).

          Semua mural makam ini adalah karya asli dengan tebal sekitar 0,75 cm yang dilepas dari dinding makam. Karena menjadi bahan penting untuk mencerminkan masyarakat di Dinasti Tang, karya-karya ini terpelihara dengan baik.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.chinahighlights.com/xian/attraction/shaanxi-history-museum.htm

Sumber gambar:

https://travelchinawith.me/china-tours/shaanxi-history-museum/

https://m.visitourchina.com/xian/attraction/shaanxi-provincial-museum.html