Hengshan Hanging Temple, Kuil yang 'Menggantung' di Pinggir Tebing

Ditulis oleh: Administrator, 04-10-2021

           Kuil-kuil yang ada Tiongkok diketahui dunia mulai dari arsitektur nya yang unik dan kekayaan sejarahnya yang bisa berumur hingga puluhan ribu tahun. Namun, pernahkan kalian mendengar tentang ‘hanging temple’? Sesuai dengan namanya, jika dilihat dari kejauhan, kuil ini tampak seperti menggantung, namun sebenarnya kuil ini dibangun di pinggir tembok sebuah tebing 50 meter di atas permukaan laut yang diberi nama The Hanging Temple atau Hengshan Hanging Temple. Kuil ini dibangun di dekat Gunung Heng, Kota Datong, Tiongkok. Struktur kuil dengan kayu yang kuno tersebut merupakan pemandangan popular bagi wisatawan Tiongkok maupun asing karena posisinya yang unik, yang juga membuatnya termasuk dalam daftar 10 bangunan paling berbahaya versi Times Magazine.

           Kuil Hengshan terletak sekitar 60 km dari Kota Datong dan dapat dengan mudah dicapai dengan mobil atau bus. Meskipun harus sedikit mendaki untuk sampi di kuil, namun perjalan tersebut sangat sepadan untuk melihat keindahan dan detail rumit dari arsitektur kuil. Labirin tangga dan Lorong di sepanjang tebing mengarah dari satu aula ke aula lainnya, termasuk Jembatan Changxian, sebuah jalan setapak yang tergantung pada ketinggian yang menghubungkan bagian utara dan selatan kuil.

hanging-temple-2

           Mengingat posisinya yang genting, atau berbahaya, sulit dipercaya bahwa Kuil Hengshan telah berdiri selama 1.500 tahun, tidak lekang oleh waktu karena upaya pemeliharaannya yang sangat baik dan rutin dilakukan. Kuil ini pertama kali didirikan selama Dinasti Wei Utara (386-534 M) yang kemudian menjalani restorasi besar-besaran pada tahun 1900.

           Tidak hanya dikenal dengan konstruksi arsitekturnya yang unik dan berani, Kuil Hengshan juga dikenal karena pengaruh agamanya. Faktanya, kuil ini adalah salah satu dari sedikit di dunia yang menyatukan tiga agama yang berbeda yaitu Buddhisme, Konfusianisme, dan Taoisme yang ketiganya dipraktikkan di kuil ini.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Hanging_Temple

https://www.thechinaguide.com/sight/hengshan-hanging-temple

Sumber gambar:

https://static.taisounds.com/WebUpd/TaiSounds/travel/xuankong-si-878215_1280.jpg

http://p9.pstatp.com/origin/pgc-image/ffe654191ea64864a7788f517b56d76c