Masjid Agung Xi’an, Masjid Terbesar di Tiongkok

Ditulis oleh: Administrator, 08-11-2021

            Apakah kalian tahu kalau di Tiongkok juga ada masjid agung, layaknya masjid-masjid besar yang ada di Indonesia? Masjid Agung Xi’an merupakan masjid terbesar dan terpelihara dengan baik meskipun masjid ini sudah dibangun sejak Dinasti Tang. Pada saat Dinasti Tang, Islam diperkenalkan ke Tiongkok oleh para saudagar Arab. Banyak Muslim yang menetap di Tiongkok dan menikah dengan orang Han. Masjid ini dibangun pada saat itu untuk menghormati para pendiri Islam di Tiongkok. Tidak seperti kebanyakan masjid di Timur Tengah atau negara-negara Arab, Masjid Agung Xi’an dibangun dengan gaya arsitektur Tiongkok. Masjid ini masuk ke dalam UNESCO Islamic Heritage pada tahun 1985.

            Meliputi area seluas 6.000 meter persegi, seluruh kompleks masjid dibagi menjadi 4 petak halaman. Di petak halaman pertama terdapat lengkungan kayu setinggi 9 meter dengan ubin berlapis glasir. Terdapat 3 ruangan yang ada di kedua sisi lengkungan kayu tersebut di mana sekarang ditampilkan beberapa furnitur yang diawetkan dari Dinasti Ming dan Qing. Di dalam petak halaman kedua berdiri sebuah lengkungan baru dengan dua prasasti di kedua sisinya. Pada prasasti tersebut terdapat tulisan kaligrafi terkenal dari para tokoh-tokoh kuno terkemuka.

            Selanjutnya di petak halaman ketiga terdapat sebuah aula yang juga berisi prasasti-prasasti dari zaman kuno. Di tengah-tengah tempat ini, terdapat Xingxin Tower di mana para pengunjung bisa menghadiri layanan-layanan doa. Di petak halaman ke empat merupakan aula besar untuk melakukan shalat yang dapat menampung hingga ribuan jamaah.

            Dibandingkan dengan jalanan perbelanjaan yang ramai di sekitarnya, masjid ini menerima sedikit pengunjung sehingga menjadi tempat yang tenang dan damai untuk berjalan-jalan. Dapat diingat bahwa wanita yang ingin berkunjung ke masjing agung ini tidak diharuskan untuk menutupi kepala, lengan, atau kaki mereka, namun, bagi pengunjung non-Muslim dilarang untuk memasuki area aula untuk shalat berjamaah.

Untuk Informasi mengenai kursus Mandarin dan wisata ke China dapat menghubungi kami melalui website https://mislanguageschool.co.id/

Sumber:

https://www.chinahighlights.com/xian/attraction/great-mosque.htm

https://www.thechinaguide.com/sight/great-mosque-of-xian

Sumber gambar:

https://i.pinimg.com/originals/5d/20/d4/5d20d4f57d3c48d176dbd695ee81a97b.jpg

https://4.bp.blogspot.com/-wM1iGbNoRx4/W38ZMCqIWeI/AAAAAAADVQo/uAzvWerpJ8InF40xNcMZxlTlT5MbkxWkACKgBGAs/s1600/DSC_6140.JPG